Tugas 4 RK

Nama     : M. Rayhan Raffi Pratama
NRP       : 05111940000110
Kelas      : RK D

     

    Pada tugas kali ini, sistem informasi yang akan saya elisitasi adalah aplikasi mobile kelava. Aplikasi ini merupakan sistem informasi dengan basis CRM ( Customer Relationship Management ). Dengan adanya sistem informasi ini, client dapat mengatur bisnisnya dalam mengatur data pada bagian Sales juga mengatur pendataan juga perencanaan kegiatan dan juga keuangan.

 

Elisitasi Kebutuhan

    Elisitasi kebutuhan adalah sekumpulan aktivitas yang ditujukan untuk menemukan kebutuhan suatu sistem melalui komunikasi dengan pelanggan, pengguna sistem dan pihak lain yang memiliki kepentingan dalam pengembangan sistem.  Elisitasi dan analisis kebutuhan dapat melibatkan berbagai jenis orang dalam suatu organisasi. Tahap elisitasi termasuk tahap yang sulit dalam spesifikasi perangkat lunak. Secara umum kesulitan ini disebabkan tiga masalah yaitu masalah cakupan, masalah pemahaman, dan masalah perubahan.

 Pada proses elisitasi kebutuhan perangkat lunak, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan agar elisitasi berjalan dengan baik. Langkah-langkahnya terdiri atas:

    1. Mengidentifikasi stakeholder

    2. Mengidentifikasi Tujuan atau goals yang ingin dicapai

    3. Mengidentifikasi kebutuhan fungsional, non fungsional dan sistem

 

Metode Elisitasi Kebutuhan

    Pada tugas kali ini, saya menggunakan metode berupa interview dan observasi. Ada pula di bawah yaitu list pertanyaan yang dapat digunakan untuk melakukan elisitasi. List pertanyaan ini difokuskan untuk menggali proses bisnis, kebutuhan, dan juga ekspektasi yang dimiliki oleh stakeholder terhadap sistem. Berikut merupakan list pertanyaannya :

Pertanyaan Interview : 

-     Apakah tanggung jawab yang harus dilakukan sesuai dengan pekerjaanmu?

-    Apakah terdapat kendala yang menghalangi mengerjakan tanggung jawabmu?

-    Apakah terdapat existing system sebelumnya atau tidak? Jika iya apa kendala yang biasa dirasakan dan apakah ada yang harus diimprove?

-    Masalah apa yang ingin diselesaikan dengan adanya perangkat lunak baru ini? 

-    Apa yang Anda sebagai pengguna butuhkan dengan adanya perangkat lunak baru ini? Apakah kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan?

-    Fitur apa yang dibutuhkan untuk menunjang tanggung jawab anda dan jalannya perangkat lunak baru ini?

 

Stakeholder

-    Administrator

Merupakan stakeholder yang dapat mengenerate laporan keseluruhan. Dapat mengamati laporan tadi dan menjalankan strategi bisnis berikutnya.

-    Sales Manager / Outlet Manager

Merupakan stakeholder yang mengenerate laporan dari cabang yang diberikan tanggung jawab kepadanya. Cabang disini membawahi beberapa sales.

-    Sales

Sales melaporkan pemasukan yang didapat.

-    Team Developer

Team developer adalah stakeholder yang bertanggung jawab untuk mengembangkan perangkat lunak. Team developer perangkat lunak ini terdiri atas:
 

-    Project Manager

-    Front End Developer

-    Back End Developer

-    System Analyst

-    Quality Assurance

-    UI/UX Designer

 

Goals

-    Menangani pembuatan laporan pemasukan suatu perusahaan.

-    Pembuatan data untuk perencanaan dan managemen prospek / kemungkinan tender yang bisa didapatkan.

-    Mendata produk yang dijual serta outlet yang dimiliki perusahaan.

-     Pendataan dan perencanaan aktivitas.

 

Kebutuhan

Kebutuhan fungsional :

-    Sales dapat melaporkan pemasukan yang didapat.

-    Sales dapat melaporkan dan merencanakan aktivitas.

-    Sales, OM, dan Administrator dapat melihat produk yang dijual.

-    Administrator dapat melihat dan melakukan CRUD pada cabang yang tersedia.

-    Sales, OM, dan Administrator dapat melakukan CRUD pada kontak pelanggan.

-    Sales, OM, dan Administrator dapat melakukan CRUD pada opportunity.

-    Sales, OM, dan Administrator dapatmelihat laporan keuangan.

Kebutuhan non-fungsional : 

-    Sistem harus dapat diakses dari device mobile manapun. (operasional)

-    Sistem mewajibkan user untuk melakukan login terlebih dahulu sebelum dapat mengakses penuh sistem. 

-    Sistem berbahasa indonesia. (cultural)

-    Data client dan kontak opportunity dapat terjaga. (keamanan)

-    Sistem dapat berjalan setiap waktu. (performance)

 

 


 

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 2 PBKK

Tugas 3 PBKK

Game Pong dengan Basis Java