Posts

ETS No. 4

Image
 Disini saya akan meletakkan hasil record penjelasan dari aplikasi ATM saya. Video nya dapat ditonton di bawah ini.

ETS PBO NO. 3

Image
  3. Implementasikan rancangan Class dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Disini saya akan menjelaskan interpretasi dari class yang telah saya buat pada post saya sebelumnya dengan menggunakan Java. (i). Menu Pada class ini akan diminta untuk memasukkan PIN lalu pada aplikasi akan diperiksa kebenaran  nya. (ii). Akun Pada class ini disimpan PIN dan jumlah rekening nasabah. (iii). TarikTunai Pada class ini akan terdapat menu pilihan nominal rekening yang akan diambil, dan beberapa pilihan lainnya. (iv). E- Banking Pada class ini terdapat fungsi E-Banking. (v).TransaksiLainnya Pada class ini dapat ditarik  tunai dengan nominal yang dapat kita atur sendiri.

ETS PBO NO. 1 & 2

Image
 Jawaban :  1. Skenario Funsgionalitas pada video di atas adalah sebagai berikut. Pada class menu kita akan meng-input PIN pada nomer rekening yang akan diambil. Apabila PIN yang dimasukkan benar maka akan dilanjutkan ke fungsi TarikTuani. Disini akan diberikan pilihan jumlah uang yang akan ditarik. Lalu aplikasi akan mengecek sisa saldo yang dimiliki nasabah. Apabila saldo mencukupi maka dapat dilakukan penarikan uang tunai. Lalu apabila ingin menarik jumlah uang dengan nominal tertentu maka pada fungsi TarikTunai terdapat opsi TransaksiLainnya dimana dapat dilakukan penarikan tunai dengan nominal tertentu.  2. Gambar dan Definisi Class a. Menu : Untuk dilakukan pengecekan nomer PIN. b. Akun : Berisi data PIN dan jumlah saldo nasabah. c. TarikTunai : Berisi pilihan opsi yang dapat dilakukan ATM. d. TransaksiLainnya : Berisi pilihan opsi transaksi lainnya. e. Ebanking : melakukan fungsi transfer E-banking.

Game The world-of-zuul

Image
 Halo gaes... Kali ini kita akan membuat sebuah game yang berjudul "The World of Zuul". Game ini didasari oleh buku Object First with Java. game ini terdiri dari beberapa class seperti : CommandWords - Class ini akan mendefinisikan semua Command yang valid dalam permainan(go,help,quit). Ini dilakukan dengan menyimpan array objek String yang mewakili kata-kata perintah. Parser - Class ini akan membaca baris input dari terminal dan mencoba menafsirkannya sebagai Command. Ini membuat objek dari Class Command yang mewakili perintah itu masuk. Command - Sebuah objek perintah mewakili perintah yang dimasukkan oleh pengguna. Ini memiliki metode yang memudahkan kita untuk memeriksa apakah ini adalah perintah yang valid dan untuk mendapatkan kata pertama dan kedua dari perintah tersebut sebagai string terpisah. Room - Objek ruangan merepresentasikan lokasi dalam game. Kamar dapat memiliki pintu keluar yang mengarah ke kamar lain. Game - Kelas Game adalah kelas utama dari game ters...

Tech Support System

Image
Tech Support System Kali ini saya akan membuat tech support system. System ini sangat berguna untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan masalahnya. Tech support system yang saya ciptakan kali ini berupa sistem chatbot. Dimana ketika pengguna meng-input sesuatu sistem akan mencoba menjawab input tersebut. Terdapat 3 kelas dalam program ini : SupportSystem : sebagai class utama InputReader : untuk menerima string input Responder : memberi respon sesuai masalah pengguna SupportSystem InputReader Responder Output

Tugas 3 Pemrograman Berbasis Objek (PBO)

Image
  Definisi     Dalam grouping object, kita menggunakan Collection yang ada di Java Collections. Dimana, Java Collections adalah framework yang menyediakan sebuah tempat untuk menyimpan dan memanipulasi sekumpulan objek. Adapun kegiatan yang dapat dilakukan pada sebuah data yakni seperti pencarian, pengurutan, memasukkan, menghapus, dapat dilakukan oleh Java Collections. Java Collection secara sederhana merupakan sebuah objek. Kerangka kerja Java Collection menyediakan dalam bentuk interfaces (Set, List, Queue, Deque, dll), sedangkan untuk class (ArrayList, Vector, LinkedList, PriorityQueue, HashSet, LinkedHashSet, TreeSet, dll).  Array List Output Array List dengan Iterasi For Output Array List dengan Class Lalu buatlah class Mahasiswa Output Menggabungkan Array List Output Pemakaian Fungsi Remove All pada Array List Output Pemakaian Fungsi Retain All pada Array List Output Linked List Output Hash Set Output Linked Hash Set Output Hash Map Out...

Abstraksi dan Modularisasi Smart TV Box

Image
Definisi Abstraksi merupakan langkah pertama dalam membuat sebuah aplikasi. Dimana dalam abstraksi dijelaskan mengenai fungsi dari seluruh aplikasi secara umum. Sedangkan modularisasi merupakan proses membagi abstraksi menjadi beberapa bagian yang dapat dibangun dan diperiksa kembali. Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membuat abstraksi dan modularisasi dari Smart Box TV. Abstraksi     Program smart box tv merupakan aplikasi yang dapat merubah tv konvensional menjadi tv dengan basis android. Tv box ini dilengkapi dengan slot usb dan juga SD card sehingga dapat menyimpan data dan membuka data yang berada di dalamnya.     Modularisasi      Setelah mengetahui gambaran Smart TV,  sekarang abstraksi tadi bisa dibagi-bagi menjadi beberapa class yang saling melengkapi. Berikut diagram class dari Smart TV.        Demikian Abstraksi dan Modularisasi dari Smart TV Box. Abstraksi dan Modularisasi saling berkomp...